Quantum Wakaf Allianz Syariah

Quantum Wakaf Allianz Syariah 

 

Quantum Wakaf merupakan solusi berwakaf dengan cara cerdas, mudah, terencana dan pasti.

Berapa lama kita hidup di dunia?

Perjalanan hidup di dunia dari lahir, anak anak, remaja, dewasa dan menjadi tua. Pada saat usia produktif, pasti kita sebagai orangtua menyiapkan dana pendidikan anak, membeli rumah, membeli kendaraan dan mengumpulkan asset. Yang pada akhirnya semua yang kita kumpulkan akan DITINGGALKAN dan BERPINDAH kepemilikan.

Karena semuanya itu hanya SEMENTARA

Umur di antara Umatku 60 – 70 Tahun

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَعْمَارُ أُمَّتِـي مَا بَيْنَ السِّتِّيْنَ إِلَى السَّبْعِيْنَ وَأَقَلُّهُمْ مَنْ يَجُوزُ ذَلِكَ

Umur umatku antara 60 hingga 70 dan sedikit dari mereka yang melebihi itu.” (HR. Tirmidzi, no. 3550; Ibnu Majah, no. 4236. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

LALU APA YANG KEKAL? BERAPA LAMA HIDUP DI AKHERAT?

Karena kita di dunia ini pasti akan berakhir, dan itu adalah Rahasia Allah.

Amal berupa WAKAF menyiapkan sesuatu yang sangat berharga bagi kehidupan kita setelah kematian. Bagaimana meyiapkan wakaf untuk keluarga kita? Karena sejatinya kita tidak pernah tau amalan unggulan kita yang spesial di mata Allah, sehingga kita dijauhkan dari siksa api neraka dan mendapatkan Syurganya Allah.

Bagaimana sholat kita?

Bagaimana baca Al Qur’an kita?

Dan amalan ibadah kita lainnya seperti apa?

Maka dengan WAKAF inilah nanti yang akan menemani kita di alam Kubur sampai nanti kita dibangkitkan. Dan kita akan KEKAL selamanya di Akherat.

MITIGASI RESIKO AKHERAT “Berapa besar kemungkinan bahwa Timbangan Amal lebih berat dibandingkan Timbangan Dosa. Dengan adanya Amal Jariyah berupa Wakaf sangat membantu untuk menambah timbangan amal.

Manfaat AMAL Jariyah:

“Amal Jariyah sangat dibutuhkan di akherat yang pahalanya mengalir terus dan tidak putus, akan terus mengalir walau sudah wafat sehingga Timbangan Amal terus bertambah.

Jadi apa itu WAKAF? Wakaf adalah sumber amal jariyah yang dapat dilakukan kapan saja selama kita memiliki harta. Wakaf ini merupakan salah satu amalan dalam Islam melalui harta benda untuk kepentingan masyarakat serta mendapatkan keberkahan PAHALA yang tidak terputus sampai akherat kelak.

Wakaf mempunyai kekuatan yang sangat luar biasa dalam sejarah Islam. Berikut beberapa contoh Wakaf pada saat jaman Rosulullah:

  1. Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun oleh Rosullullah, ketika datang ke kota Madinah. Masjid ini awalnya adalah tanah yang dibeli dari 2 anak yatim. Kemudian Rosul membangun masjid Nabawi ditanah tersebut. Dan saat ini Masjid Nabawi sudah sangat besar dan bagus, didapat dari wakaf sahabat sahabat Rosul yang tinggal di Madinah. Dan kita tahu bahwa yang sholat di Masjid Nabawi ini pahalanya 1000x lipat. Bagaimana besar pahala orang orang yang bisa berwakaf di Masjid Nabawi ini.
  2. Masjid Quba adalah masjid yang pertama kali dibangun oleh Rosullullah saw, ketika beliau datang ke Kota Madinah. saat hijrah dan singgah di daerah Quba kemudian membangun Masjid disana. Masjid Quba ini juga dibangun dari tanah wakaf, masjid pertama dalam sejarah Islam.
  3. Kebun Kurma Khaibar yang diwakafkan oleh seorang sahabat Rosullullah bernama Umar Bin Khatab. Hasil dari kebun kurma ini diberikan untuk umat, untuk kaum muslimin siapa saja yang membutuhkan. Cerita kebun kurma ini merupakan sejarah yang menjadi landasan wakaf produktif.
  4. Wakaf sumur Raumah di Madinah (Wakaf Utsman Bin Affan). Cerita ini sangat menarik. Rasulullah menawarkan kepada sahabat-sahabat di Madinah. Siapakah diantara kalian yang bisa menyumbangkan hartanya untuk membuatkan sumur untuk umat. Karena pada saat itu penduduk Madinah kekurangan air. Tapi ada 1 sumur milik Yahudi yang airnya sangat banyak dan dibisniskan(dijual). Rosul menyarankan kepada sahabat siapa yang sanggup untuk membebaskan sumur ini. Utsman salah satu sahabat yang kaya, dan mencoba menawar kepada orang Yahudi. Tetapi Yahudi tidak mau menjual semua karena sebagai sumber penghasilan mereka. Utsman yang pintar, akhirnya membeli 1 hari untuk Utsman dan 1 hari untuk Yahudi boleh kamu jual dalam 1 hari itu. Ketika jatah 1 hari Utsman, disampaikan kepada kaum muslimin di Madinah untuk mengambil airnya gratis, dan ambil untuk kebutuhan 2 hari. Sehingga pada hari berikutnya tidak ada yang membeli air di Yahudi, akhirnya karena tidak laku dan merugi, Yahudi tersebut menjual semuanya kepada Utsman Bin Affan. Kenudian dibelilh seluruhnya oleh Utsman dan di daerah tersebut tumbuh pohon pohon Kurma. Dan sampai saat ini masih ada, kemudian dibuatkan Rekening Utsman Bin Affan. Keuntungan dari kebun kurma sangat besar dan diberikan kepada kaum muslimin yang membutuhkan. Dan dibangunkan juga Hotel atas nama Ustman Bin Affan, dan keuntungannya pun diberikan kepada umatnya.
  5. Ada 2 hotel yang terkenal di Mekkah.                                                                                                                      -Hotel Elaf Masyair dibangun diatas tanah milik orang Aceh bernama Habib Abdurahman. Beliau orang kaya Aceh yang mempunyai tanah didekat Masjidil Haram. Wakaf Wasiat hasil dari keuntungan Hotel ini untuk orang- orang Aceh. Jamaah haji asal Indonesia (orang Aceh) akan mendapat 5 juta/orang dan yang tinggal dihotel ini makannya gratis. Kenudian diberikan kepada pelajar asal Asia (Mahasiwa mahasiswa yang belajar disana).                                                                                                                                                                    -Hotel menara Zam Zam dibangun diatas tanah Raja Abdul Azis (Raja pertama Arab Saudi). Keuntungan hotel ini 100% untuk operasional Masjidil Haram (bayar gaji karyawan karyawan, petugas, imam,dll)
  6. Wakaf tanah dan bangunan Al Azhar untuk pendidikan. Mahasiswa-mahasiswa yang belajar di Al Azhar gratis dan untuk berobatpun juga gratis dari dana wakaf yang dihimpun oleh Al Azhar, oleh pemerintah disana.

 

Contoh Wakaf di Indonesia:

  1. Monas, sebagian emas ini adalah wakaf dsari Teuku Markam (orang Aceh)
  2. Wakaf Istora Senayan ada 5000 meteer persegi tanah yang diwakafkan oleh pak Hartono
  3. Dan gedung MPR DPR ini wakaf dari pendiri pondok Darunnajah

 

Pertanyaannya adalah?

Semua muslim berkeinginan kan punya amal Jariyah yang besar? Bangun Hotel< Rumah Sakit, Gedung dan lain lain yang biayanya tidak sedikit, membutuhkan dana ratusan juta bahkan milyaran.

Kalau hari ini berwakaf 500juta – 1 Milyar, apakah sudah ada uangnya?

Kalau kita berfikir wakaf tanah dan bangunan maka wakaf itu mahal. Tanah wakaf di Indonesoa 430.000 Hektar lebih di tahun 2017, tetapi 90% nya terbengkalai karena tidak ada dananya.

Lalu solusinya apa? Agar wakaf bisa terjangkau oleh siapa saja, yaitu melalui WAKAF UANG TUNAI PRODUKTIF.

Secara Fatwa MUI hukumnya diperbolehkan tentang wakaf uang:

  1. Wakaf uang (CASH WAKAF/ WAkaf AL-Nuqud) adalah wakaf yang dilakukan seseorang, kelompok orang, lembaga, atau badan hukum dalambentuk uang tunai.
  2. Termasuk dalam pengertian uang adalah surat-surat berharga.
  3. Wakaf uang hukumnya jawaz (boleh)
  4. Wakaf uang hanya boleh disalurkan dan dipergunakan untuk hal hal yang diperbolehkan secara syar”i.
  5. Nilai wakaf uang harus dijamin kelestariannya, tidak boleh dijual, dihibahkan dan/atau diwariskan.

HUKUM WAKAF INDONESIA

UU NO 41/2004 Tentang Wakaf dan PP NO.42/Tentang Pelaksanaan UU NO 41/2004.

Potensi Wakaf Uang di Indonesia

Potensi 120T/tahun, tetapi yang terealisasi hanyalah 200M atau rata rata hanya 25M/tahun (data dari tahun 2010-2018) karena orang yang mengajak berwakaf tidak banyak dan promosi mengenai wakaf masih kurang.

Sementara jumlah muslim di Indonesia 235 juta jiwa, sedangkan yang berwakaf tidak sampai 1%, dimana 99% nya belum berwakaf.

Berbagai praktek wakaf, uang tunai produktif yang diketuai oleh Badan Wakaf Indonesia.

Ada asosiasi Nadzir Lembaga Wakaf, diantaranya : Dompet Dhuafa, Yakesma, Global Wakaf, Rumah Wakaf, Wakaf IKADI dll.

Contoh program Wakaf :

  • Dompet Dhuafa: Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, orang orang yang berobat disini gratis.
  • Kerjasama Badan Wakaf Indonesia dengan dompet dhuafa ; Rumah Sakit Mata Achmad Wardi
  • Al Azhar : wakaf produktif, mobil jenazah, wakaf pendidikan, dll.

Ada 2 cara dalam mempersiapkan WAKAF,

Cara BIASA dengan menabung tiap bulan 1juta. Bulan pertama 1 juta, bulan kedua 1juta, bulan ketiga 1 juta. Untuk terkumpul 500juta, harus menabung istiqomah tidak terputus selama 500bulan atau 41 tahun.

Cara kedua dengan Quantum WAKAF, berwakaf dalam jumlah besar, ratusan bahkan milyaran rupiah secara terencana dan pasti. Untuk terkumpul 500juta, tidak harus menunggu sampai 41 tahun menabung. Misalnya baru 3 bulan menabun g kemudian wafat, nilai WAKAF 500 JUTA sudah siap, sudah ada.

Darimana sumber dana wakaf tersebut? Uang wakaf ini adalah dari dana Ta’awun, dana tabarru’ yang dihibahkan oleh kita sebagai anggota/ peserta (wakif) dari program ini. Kita bersama sama mengumpulkan dana Shodaqoh dalam 1 rekening ta’awun (rekening tolong-menolong) dan diberi nama rekening TABARRU’. Rekening ini dikelola oleh Lembaga Keuangan Syariah. Jadi dana ini yang akan diberikan kepada anggotanya apabila dalam perjalanannya terjadi musibah.

QUANTUM WAKAF MENYIAPKAN WARIS DAN WAKAF SECARA BERSAMAAN 

Misal Bapak Wakif berusia 38 tahun, ikut program Repro Syariah dengan menyisihkan 1,5juta/bulan.                          Bulan 1, kontribusi iuran tabarru 1,5juta                                                                                                                            Bulan 2, kontribusi iuran tabarru 1,5juta                                                                                                                            Bulan 3, kontribusi iuran tabarru 1,5juta

Kemudian Bapak Wakif meninggal dunia, maka program ini memberikan uang santunan Rp. 2,250 Milyar yaitu 1,250M warisan (55%) dan 1 M wakaf (45%).

Maksimal 45% yang diperbolehkan untuk WAKAF sesuai ketentuan FATWA MUI.

Dan kita bisa menentukan lembaga Nadzir mana yang akan mengelola dana wakaf kita sebesar 1M tersebut., dan kita bisa memilih ikut program wakaf yang mana.

Terdapat 4 Lembaga Nadzir Wakaf yang saat ini sudah bekerja sama dengan Lembaga Keuangan Syariah kita, yaitu  Wakaf Al Azhar, Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf dan Iwakaf.

Dalam program Quantum Wakaf ini, dana wakafnya sebesar 1 Milyar akan langsung ditransfer ke Lembaga Waakaf yang ditunjuk oleh Wakif. Dan ada bukti penyerahan “DANA WAKAF” kepada Nadzir Wakaf. Apabila akan diserahkan kepada lembaga wakaf/yayasan, dan belum ada sertifikat resmi dibawah Badan Wakaf Indonesia, maka harus membuat surat wasiat wakaf kepada ahli waris untuk dananya diserahkan kepada lembaga Nadzir yang ditunjuk.

Keistimewaan Program Quantum Wakaf Polis Asuransi Syariah:

  1. Solusi bagi Wakif menciptakan wakaf sejak dini dengan kontribusi terjangkau dan dapat diangsur secara berkala, sangat mudah dan ringan.
  2. Membantu wakif untuk berwakaf atas nama almarhum (orangtua)
  3. Program ini membantu bisa berwakaf aset berupa rumah atau kendaraan, tanpa harus kehilangan aset.
  4. Mendapatkan ketenanganbatin, karena sudah siapkan wakafmaupun warisan.
  5. Bisa menentukan lembaga wakaf yang mengelola dana kita.

Keuntungan bagi NADZIR adalah mempunyai dana abadi umat dalam jangka panjang dan dalam jumlah yang besar.

“KALAU KITA KE MEKKAH BUTUH VISA, MAKA KE JANNAH BUTUH JARIYAH”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *